Touring Lamongan - Suramadu - Bromo

28 Dec 2010

bromo_17

Dengan sedikit nekat PADUA BIKERS memutuskan melakukan turing menuju gunung bromo. Mengingat adanya peningkatan aktivitas gunung bromo (waktu itu) dan intensitas hujan cukup tinggi, ini bisa disebut touring nekat.

Minggu tgl 5 Desember 2010 sekitar jam 11 siang touring dimulai dari sambirejo. PADUA BIKERS diwakili bro Rinto, bro Doni, bro Jumbo meluncur dengan tujuan pertama Babat, Lamongan. Rute Sragen-Ngawi-Bojonegoro-Lamongan. Sempat istirahat sebentar di Kaltidu Bojonegoro dan diperbatasan Bojonegoro-Lamongan. Ada sedikit musibah ketika tiba daerah Nglimbang. Motor bro Jumbo bocor roda depan karena menghantam lubang di tengah jalan. Ban ditambal, sambil menunggu hujan reda ngobrol dengan penduduk setempat yang kebetulan ikut berteduh dari hujan deras. Setelah semua selesai dan hujan telah reda perjalanan dilanjutkan. Jam 7 malam tiba di rumah keluarga bapak Subandi. Rombongan diterima dengan hangat di rumah tersebut, dijamu makan malam yang lezat dan disediakan tempat istirahat yang nyaman.

bromo_26

Senin 6 Desember 2010 jam 7 pagi PADUA BIKERS meninggalkan rumah bapak Subandi. (terimah kasih buat keluarga bapak subandi atas kerepotannya selama kami menginap disana. Tuhan akan membalas kebaikan anda sekeluarga dengan kebaikan berlimpah-limpah). Perjalanan dilanjutkan perlajanan lancar sampai tiba di Wahana Bahari Lamongan. Karena terlalu pagi WBL belum buka, PADUA BIKERS hanya melihat-lihat dari luar saja.

bromo_07

Setelah mampir di pelabuhan Gresik dan makan siang di Surabaya, sekitar jam 2 siang PADUA BIKERS tiba di Jembatan Suramadu yang tersohor yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura. Perjalanan menyeberangi selat Madura ditemani hujan rintik-rintik dan angin. Istirahat sebentar di pulau Madura dan beberapa gambar (lumayan buat narsis).

bromo_22

Rute Surabaya-Bromo adalah rute terberat touring kali ini. Rute diawali dengan membelah kemacetan di ibukota Jawa timur tersebut. Jam 7 malam tiba di Sidoharjo, istirahat dan makan malam. Perjalanan lancar hingga di perbatasan Pasuruan - Probolinggo. Jalan macet beberapa kilometer karena kendaraan terjebak banjir. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya motor terpaksa diangkut dengan gerobak untuk melewati arus banjir yang deras. Perjalanan kembali lancar, sambil bertanya sana sini, sekitar tengah malam sampailah di Gunung Bromo. Jalan pegunungan yang berliku, menanjak dan berlubang, suasana gelap, dingin dan bau belerang yang menyegat menemani kami selama perjalanan. Jalan pelan-pelan, tibalah di ujung jalan buntu. Kami menyadari salah jalan, di putuskan kembali turun untuk mencari tempat menginap. Walaupun jam 2 pagi ternyata tidak sulit untuk mencari penginapan, dengan cara tawar menawar tentunya.

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/twiZ8E0pNeY" width="425" height="350" wmode="transparent" /]

Selasa, 7 Desember 2010. Pagi yang dingin gunung Bromo dinikmati dengan jalan-jalan sambil melihat asap hitam pekat sedikit tertutup kabut. Sesudah makan pagi dan mengemasi barang-barang, perjalanan dilanjutkan menuju puncak gunung Bromo. Pada waktu itu kebetulan status gunung bromo awas dengan radius aman 2 km dari puncak, sehingga suasana relative sepi hanya ada beberapa wisatawan dan petugas yang mengawasi aktivitas Bromo. Puas menikmati pemandangan gunung Bromo dan gunung Batok, kami menyeberangi lautan pasir dan padang savanna.

bromo_15

Perjalanan pulang dengan rute Bromo-Malang-Kediri-Caruban-Ngawi-Sragen. Diawali dengan memutari gunung Bromo. Pada saat menyeberangi padang savanna bro Rinto mengalami kecelakaan kecil. Karena kehilangan konsentrasi, motornya terjatuh ada beberapa bagian yang rusak tapi masih bisa melanjutkan perjalanan. Jalur hutan wisata Tengger Bromo Semeru yang berada disisi selatan gunung bromo adalah medan berat yang harus ditaklukkan. Hujan rintik-rintik disertai abu vulkanik dan kabut sangat menghalangi pandangan. Jalan beton yang rusak, tanjakan, turunan dan tikungan tajam tidak menghalangi perjalanan. Kebun sayur dan hutan wisata merupakan pemandangan di sisi selatan Bromo. Jalan berat sekitar 25km diakhiri di kawasan wisata Coban Pelangi, PADUA BIKERS istirahat sejenak sambil menikmati kopi panas. Setelah Coban Pelangi jalan cukup mulus dengan jurang di sisi kiri dan kanan jalan.

bromo_05

Perjalanan lancar melewati Malang dan isirahat sebentar di kawasan wisata Batu Balang. Hujan deras menjadi teman di sepanjang perjalanan Kediri Caruban Sragen tetapi itu tidak menjadi penghalang. Menjelang tengah malam PADUA BIKERS tiba di Sragen. Jalan panjang sekitar 850 km sukses dilewati . Touring kali ini diakhiri di angkringan shopping pasar sragen. Touring selanjutnya kemana?? Pasti lebih menantang, tunggu tanggal mainnya.

[gallery]


TAGS


-

Author

Follow Me